Selasa, 01 Oktober 2013

Belajar Islam Bisa Begitu Menyenangkan

TEMBAGAPURA - Minggu pagi masjid Darussa'adah sudah diramaikan dengan sekelompok tubuh mungil berbalut baju koko dan kerudung, sesekali dilengkapi bisikan tawa dan obrolan ramai di sela-sela heningnya masjid. Mereka adalah anak-anak karyawan yang tinggal di lingkungan kerja PT. Freeport Indonesia, dengan penuh riang dan tampak sudah tak sabar mengikuti kegiatan di hari Ahad kali ini (29/09).Taman Pendidikan Qur'an Himpunan Anak-anak Islam Tembagapura biasa disebut TPQ Haisra merupakan bagian dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang digagas untuk memfasilitasi pendidikan keagamaan bagi anak-anak muslim di Tembagapura.

Apakah gerangan yang istimewa di Ahad kali ini bagi anak-anak TPQ Haisra? Tepatnya Ahad kelima di bulan September, kegiatan belajar dikemas dalam bentuk permainan atau fun games. Anak-anak dikelompokkan menjadi 5 team leader, masing-masing kelompok dibedakan dengan 5 nama para sahabat nabi yaitu Abu Bakar, Ali bin Abu Thalib, Zaid Bin Sabid, Fatimah Az Zahra, dan Umar bin Khatab.

Kegiatan fun games indoor yang dimulai tepat pukul 10 pagi di masjid Darussa'adah, terbagi menjadi 7 pos permainan diantaranya spider web, merangkai potongan ayat dari juz'amma, dan kertas ajaib. Masing-masing pos dikoordinasi oleh seorang guru Haisra yang menjelaskan teknis dan trik permainan.


Salah seorang guru pengajar TPQ Haisra, yang akrab disapa ibu Opie, selaku pencetus ide kegiatan ini mengatakan, "Ini kegiatan kegembiraan untuk anak-anak, juga melatih karakter positif seperti kekompakan."


Fun games yang diadakan bukan bertujuan untuk mecari nama-nama pemenang tetapi lebih kepada proses edukasi tentang nilai-nilai Islam dengan menggali karakter positif pada masing-masing anak. Karakter-karakter positif tersebut bisa berupa kekompakan pada kerja tim, kepemimpinan, disiplin dalam mengikuti aturan permainan, inisiatif dan juga yang tak kalah penting adalah kegembiraan.

Kegiatan belajar dalam menanamkan nilai-nilai Islam ternyata bisa beragam bentuknya, selain kegiatan belajar yang sifatnya keharusan dalam menghafal dan melafaskan doa dan bacaan Al Qur'an, pada kegiatan TPQ Haisra kali ini telah membuktikan kalau praktek langsung melalui fun games bisa menjadi cara yang efektif dalam proses belajar. (Widorini)

0 komentar:

Posting Komentar