Sabtu, 21 September 2013

Mempersiapkan Assessor Handal dari Ketinggian 2500 M

TEMBAGAPURA - Organizational Development (OD) PT Freeport Indonesia mengadakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Assessor yang diselenggara oleh LSP Perhapi Jakarta dari tanggal 16 September sampai dengan 20 September 2013 yang telah dibuka oleh Manager OD QMS. Pelatihan ini diikuti oleh 15 Instruktur dan penguji kompetensi dari Departemen OD-Quality Management Services (QMS).
Pelatihan ini diadakan di gedung OD QMS Mile 68 Tembagapura yang berada pada ketinggian ±2500 M di atas permukaan laut. Mulai dari hari pertama para peserta telah sibuk dengan tugas tugas yang diberikan oleh instrukturnya sehingga hampir tidak ada waktu untuk mereka melakukan kegiatan lain kecuali makan siang.


Menurut Roy Vittorio Manager OD QMS yang sempat kami wawancarai, latar belakang pelatihan ini diadakan adalah karena adanya tantangan yang cukup besar dikalangan PTFI kedepannya dan adanya perbedaan latar belakang pengalaman Instruktur maka pelatihan ini perlu diadakan. Agar semua instruktur/penguji dapat menggunakan dan menerapkan standard yang sama dalam menguji kompetensi karyawan PTFI.

Disela sela wawancara kami, pak Roy juga menyampaikan harapan beliau, “Kita berharap menpunyai instruktur/penguji yang handal dan mendapat pengakuan dari PTFI maupun dari Pemerintah secara Nasional”


Pada kesempatan ini kami juga mewawancarai salah satu peserta pelatihan Herwiyanto dari Department OD Career and Development. Herwiyanto menyampaikan, “Secara umum pelatihan  ini sangat baik sekali karena ini adalah bagian dari program pengembangan tenaga instruktur/penguji di Divisi OD dan juga materi pelatihan ini sangant link dengan tuntutan pekerjaan dilapangan”. Herwi juga berharap agar pelatihan ini tidak berhenti sampai disini. Dan yang lebih penting adalah setelah peserta selesai dan lulus dari pelatihan ini bukan akhir dari program ini tetapi adalah awal dari proses assessment yang berstandar Nasional.


Pelatihan ini diakhiri dengan Uji Kompetensi yang dilaksanakan pada hari Jum’at 20 September 2013 dimulai sejak pukul 7:30 pagi sampai pukul 16:30 sore.
Pelatihan ditutup pada pukul 17:00 sore oleh Ekwantono dari Seksi OD QMS Concentrating yang mewakili Management Divisi OD. 


Selamat kepada 15 peserta semoga lulus dengan nilai terbaik dan akan menjadi Assesor yang Handal. (Alfian Datuk)

0 komentar:

Posting Komentar