Minggu, 15 September 2013

Radio HMM Adakan Training Jurnalistik

TEMBAGAPURA--Untuk menjaring bibit-bibit unggul di bidang penyiaran, Radio Himpunan Masyarakat Muslim (HMM) bekerjasama dengan Aliansi Radio Islam Indonesia (ARIN) dan Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) mengadakan training jurnalistik. Training yang diadakan pada
Sabtu & Minggu (14-15 September 2013) mendatangkan pakar-pakar penyiaran dari 2 lembaga tersebut.

Training dibuka oleh Sekretaris HMM Hardi. "Siapa yang menguasai media, mereka akan menggenggam dunia," begitu kata Hardi di dalam sambutan pembukaan.

Muhammad Anthony, wartawan senior Kantor Berita Antara memberikan sharing apa yang harus diperhatikan ketika melakukan peliputan dan menuangkannya dalam bentuk narasi untuk dikonsumsi pembaca. "Sebagai pembawa berita, kita tidak boleh memihak." Demikian kata Anthony.

Lebih dari 20 peserta sangat antusias mengikuti setiap sesinya. Dalam 2 hari itu, para peserta diberikan berbagai teori jurnalistik dan praktek. Materi mulai dari bagaimana cara mendapatkan berita dari sumbernya, bagaimana cara mengolah menjadi skrip berita. Yang menarik lagi, bagaimana cara menuangkan sumber berita itu ke dalam media social. Pelatih memilih blog untuk diajarkan kepada peserta.

Salah satu peserta training Santi Widorini menyampaikan terima kasih atas diadakannya training jurnalistik ini. "Ilmu jurnalistik ternyata sangat berguna." Kata Santi. "Ternyata untuk menyampaikan berita dan bermanfaat bagi orang banyak itu ada caranya,"  pungkasnya. <<Hardi>>

0 komentar:

Posting Komentar