Jumat, 20 September 2013

Semangat Kebersamaan Tak Mesti Berlalu


TEMBAGAPURA- Memasuki bulan Dzulqaidah, tepatnya Jumat malam (20/09), Panitia Pelaksana Program Ramadhan dan Qurban Himpunan Masyarakat Muslim Tembagapura (P3RQ HMM) Tembagapura menggelar acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) bertajuk Halal Bihalal dan Tabligh Akbar. Layaknya tajuk yang dimuat dalam milis komunitas HMM highland yang diedarkan hampir sepekan silam, bisa dikatakan bila penyelenggaraannya terpaut cukup waktu mengingat umumnya acara Halal bihalal biasa dilaksanakan bertepatan pada bulan Syawal. 

Sekalipun demikian, saat ditanyai pendapatnya berkaitan dengan terselenggaranya acara ini, salah seorang jamaah dari Departemen Peranan Wanita (DPW), ibu Yeny menanggapi,"Saya bisa mengerti karena mungkin sekaranglah saatnya silaturahim, setelah liburan panjang dan serangkaian acara tujuh belasan."  


Acara yang telah berlangsung di masjid Darussa'adah Tembagapura, mengundang penceramah dari Jakarta, Habib Ali Abdurrahman Al Habsyi. Rangkaian acara dimulai tepat setelah shalat maghrib diawali dengan lantunan ayat suci Al-Quran kemudian dilanjutkan kembali selepas shalat Isya dengan pembacaan dzikir dan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Habib Ali. Memasuki acara utama disertai pembacaan Asmaul Husna, berkaitan dengan manfaatnya menyongsong bulan Dzulhijah, bulan bagi calon jamaah haji yang akan beribadah ke tanah suci sehingga diberikan maghfirah di sepanjang ibadah nanti.

Dalam ceramahnya Habib Ali menyampaikan,"Silaturahim ibaratkan menyambungkan tali yang terputus. Dengan silaturahim selain menunjukkan sikap taqwa kepada Allah SWT juga akan tercipta banyak kebaikan seperti terbukanya kerja sama dan kebersamaan."

Boleh jadi bulan Ramadhan memang telah berlalu, akan tetapi bukan berarti semangat kebersamaan juga ikut surut dengan bergantinya waktu. 

Meski tajuk yang diusung bukan lagi up to date  di bulannya, akan tetapi keseluruhan proses terselenggaranya acara tersebut dapat diibaratkan sebagai cermin atas teraplikasinya nilai ibadah yang telah ditunaikan pada sepanjang Ramadhan yang lalu. Salah satu nilai ibadah itu adalah semangat silaturahim yang tidak akan lekang oleh waktu. (Widorini)


 



0 komentar:

Posting Komentar