Minggu, 24 November 2013

Geliat Eksistensi Para Pahlawan Rumah Tangga Dalam Dakwah

TEMBAGAPURA, 20/10/13 - Minggu siang tanggal 20 Oktober 2013 usai sholat dhuhur terlihat ada kesibukan di lantai 1,5 Masjid Darussa’adah Tembagapura. Ternyata siang itu ada perlombaan Qira’ati yang diperuntukan untuk muslimah. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka milad ke-33 Departemen Peranan Wanita - Himpunan Masyarakat Muslim (DPW-HMM). Terlihat para peserta yang terdiri dari kaum remaja putri dan ibu-ibu antusias mengikuti perlombaan ini.

Lomba Qiro’ati merupakan salah satu kegiatan pembuka perayaan milad ke-33 DPW. Selanjutnya pada hari Sabtu siang tanggal 26 Oktober usai sholat dhuhur diadakan serangkaian lomba untuk ibu-ibu DPW yakni lomba Teka Teki Silang (TTS) islami, lomba Rangking 1 dilanjutkan dengan kegiatan pengajian bulanan yang diisi oleh Ust Hani Kusmaeni.
 
Tak berakhir sampai disitu ternyata masih banyak kegiatan-kegiatan lain diantaranya yard sale yang diadakan pada hari minggu tanggal 27 Oktober 2013. Yard sale adalah kegiatan dimana para ibu-ibu DPW mengadakan penjualan kebutukan rumah tangga dengan harga miring. Sudah menjadi rahasia umum kalau harga kebutuhan rumah tangga di wilayah Indonesia timur khususnya Papua memang sedikit mahal jika disbanding dengan wilayah Indonesia lainnya.
 
Bukan hanya mengadakan kegiatan dan lomba untuk muslimah dan ibu-ibu, DPW juga mengadakan lomba untuk anak-anak. Di sini terlihat peran seorang ibu sangatlah penting dalam mendidik masa depan anak-anak sebagai tulang punggung bangsa. Lomba untuk anak-anak diadakan Hari Minggu tanggal 27 Oktober. Banyak sekali jenis lomba yang diadakan seperti lomba melipat mukena, lomba memakai sarung, dan lomba kata berantai. Masih berlanjut juga lomba-lomba untuk para ibu yakni lomba hafalan surat Al Qur’an dan lomba jilbab syar’i. Milad tahun ini menjadi semarak dengan serangkaian kegiatan ibu-ibu DPW.
 
Selain kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan tadi, DPW juga mengadakan Workshop yang diperuntukan untuk pasangan suami istri (pasutri). Workshop yang berjudul “ Wisata taman Keluarga Islami” ini diselenggarakan pada Hari Sabtu Tanggal 9 November 2013 mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Dengan training ini diharapkan para peserta memahami bahwa Perjalanan Rumah Tangga adalah Ladang Amal Shalih yang harus kita semai, dengan harapan mudah-mudahan Allah SWT berkenan menghimpun kita dalam kebaikan dan kemuliaan disisi-Nya.
 
Metodologi pelatihan adalah  melalui pemahaman materi dan game-game menarik, seperti bagaimana teknik memahami dan memanjakan pasangan. Antusias peserta dengan yang dipandu oleh Ust Muhammad Encep Ibnu Shalih S Ag ini pun boleh dikatakan luar biasa, dilihat dari banyaknya peserta yang hadir. Untuk selanjutnya diharapkan para peserta yang terdiri dari pasangan suami-istri ini dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari training ini sehingga terwujud tujuan diadakannya training ini yakni menghangatkan keharmonisan, menumbuhkan bunga cinta dan membangun istana di syurga.
 
Puncak perayaan milad ke-33 DPW HMM diadakan pada Hari Minggu 17 November 2013. Acara puncak diisi dengan panggung seni yang menampilkan kepiawaian ibu-ibu DPW dan anak-anak Himpunan Anak-anak Islam tembagapura (HAISRA). Ibu-ibu DPW menampilkan tari saman dan group sholawat sedangkan anak-anak HAISRA menampilkan tari rebana. Dakwah ibu-ibu DPW di Tembagapura mamng patut diacungi jempol. Tak salah kalau mereka kita juluki sebagai pahlawan dalam rumah tangga yang menentukan masa depan anak-anak dan bangsa.(YAS)
 
 


0 komentar:

Posting Komentar