Sabtu, 23 November 2013

Kemeriahan Tahun Baru Islam Himpunan Masyarakat Muslim Dataran Rendah

KUALA KENCANA, 3/11/13 - Himpunan Masyarakat Muslim (HMM) PT Freeport Indonesia merupakan sebuah wadah bagi komunitas muslim untuk saling berinteraksi dan membangun ketakwaan diri. Secara garis besar komunitas HMM terbagi menjadi dua yaitu yang berdomisili di dataran tinggi (Highland) dan dataran rendah (Lowland). HMM memiliki beberapa masjid yang tersebar di beberapa daerah di dataran rendah. Masing-masing masjid memiliki Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).

Di wilayah dataran rendah terdapat 4 DKM yaitu DKM Masjid Al Ikhlas Porsite, DKM Masjid Al Istiqomah Basecamp, DKM Masjid An Ni’mah Mile-38 dan DKM Baiturrahim Kuala Kencana. DKM berfungsi mengakomodir komunitas muslim untuk saling bekerjasama dan merapatkan barisan berdasarkan persamaan keimanan di antara sesama warga masyarakat muslim dan saling menghargai perbedaan ide dan pemahaman dengan hikmah dan benar, dalam upayanya untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kehambaan dan mendekati kesempurnaan penghambaan kepada Allah SWT., baik sebagai hamba individu maupun sosial.

Menjelang datangnya Tahun Baru Islam 1435H komunitas HMM mulai disibukan dengan berbagai kegiatan. Kegiatan yang rutin dilaksanakan per tahun ini makin berfariasi tiap tahunnya. Meskipun komunitas muslin menjadi minoritas di wilayah Indonesia timur khususnya Papua, namun semangat kebersamaan komunitas muslim HMM patut diacungi jempol. Tahun ini HMM dataran rendah disatukan dalam kebersamaan dengan berbagai event dan lomba. Gebyar Muharam diawali dengan diadakannya berbagai turnamen lomba pada Hari Minggu 3 November 2013 di Sport Centre Kuala Kencana. Lomba yang diadakan yaitu pertamdingan futsal, badminton dan tenis meja. Masing masing DKM mengutus team handal yang dijagokan. Namun bukan juara yang dicari melainkan nilai kebersamaan dalam silaturahmi. Acara ditutup dengan makan bersama di lapangan basket Sport Centre Kuala Kencana.

Event selanjutnya yakni kegiatan jalan santai mengelilingi hutan kota Kuala Kencana yang diadakan pada Hari Minggu Tanggal 10 November 2013. Ratusan peserta antusias mengikuti kegiatan ini. Jalan pagi dan menghirup udara segar adalah hal yang menyehatkan. Diadakan juga lomba sepeda hias bagi anak-anak, selain games-games dengan berbagai doorprize menarik. Tabligh Akbar menjadi puncak kemeriahan perayaan Muharam 1435H di komunitas HMM dataran rendah. Tabligh Akbar diisi oleh 4 orang ustadz sekaligus yakni Ust Iqbal Harun LC, Ust Asep, Ust Choirul dan Ust Sumadi. Selanjutnya acara diakhiri dengan makan siang bersama usai sholat dhuhur berjamaah.

Inilah warna warni kegiatan komunitas HMM dataran rendah, semoga tali silaturahmi senantiasi terjalin di setiap kesempatan. Amiin.

0 komentar:

Posting Komentar