Sabtu, 23 November 2013

Memupuk Ketaqwaan Dengan Kegiatan Yang Menyenangkan Dan Bermanfaat

TEMBAGAPURA - 17/11/2013 - Minggu pagi Tanggal 17 November 2013 halaman masjid Darussa’adah Tembagapura tampak ramai tidak seperti biasanya. Sedianya memang pagi itu akan diadakan acara Bersih Kota dan Tafakur Alam dengan mengundang ust Syamsul Arifin Nababan dari Jakarta. Halaman Masjid Darussa’adah dibanjiri oleh ratusan orang baik itu tua, muda, status “single” atau berkeluarga. Mereka datang berbondong dan mengantri di depan meja pendaftaran mulai jam 6 pagi untuk mendapatkan kaos dan pembagian kelompok. Raut muka ceria tergambar dari para peserta mengingat acara ini memberikan berbagai “doorprize” menarik senilai 12 juta rupiah selain gratis 300 kaos bagi pendaftar pertama dan gratis bubur kacang ijo sebagai menu sarapan pagi dan gratis makan siang.

Acara ini merupakan salah satu rangkaian  acara Muharam Fair 1435H yang diadakan oleh Ikatan Remaja Masjid PT Freeport Indonesia (IRMAFI). Untuk acara ini IRMAFI menggandeng United Tractor sebagai sponsor selain Quality of Life PT Freeport Indonesia sebagai pendukung acara dan tentunya Himpunan Masyarakat Muslim PT Freeport Indonesia (HMM PTFI).
Acara dibuka dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Bp H Mochammad Adidjatmika selaku Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Darussa’adah Tembagapura. Sebelum keberangkatan para peserta menuju pos-pos yang telah ditentukan terlebih dahulu dilakukan pemotongan pita sebagai symbol dimulainya acara ini.

Tepat pukul 07.00 WIT para peserta pun berangkat sesuai kelompok masing-masing menuju pos-pos yang ditentukan. Ada 2 pos yang harus dilewati sebelum finish kembali lagi di Masjid Darussa’adah. Sepanjang jalan mereka harus memunguti sampah yang berserakan dan menampungnya di kantong plastik yang telah diberikan. Pemandangan lucu namun menyenangkan tampak ketika dalam satu kelompok seorang ibu sebagai ketua kelompok menyuruh para anggota kelompok yang terdiri dari anak-anaknya yang masih kecil untuk ikut memunguti sampah. Di sini terjadi proses pembelajaran akan pentingnya menjaga kesehatan dengan memperhatikan kebersihan lingkungan. Lingkungan yang sehat berawal dari lingkungan yang bersih. Untuk mewujudkan hal ini perlu tindakan nyata dan menjadi perhatian bersama.
 
Kurang dari setengah jam sampailah mereka ke Pos 1 yang terletak di halaman depan Sport Hall Tembagapura. Satu persatu kelompok tiba dengan menjinjing berbagai macam sampah yang berhasil mereka bawa. Jumlah sampah yang dibawa berbeda beda masing-masing kelompok. Ada yang berhasil mengumpulkan banyak, namun ada juga yang hanya sedikit. Team penilai menilai satu persatu sampah yang berhasil dikumpulkan. Pengumpul terbanyak mendapatkan doorprize dari panitya. Di Pos 1 peserta mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Ust Syamsul Arifin Nababan, uraian yang disampaikan harus dicacat kembali dalam sebuah resume yang akan dinilai juga siapa kelompok terbaik untuk mendapatkan hadiah.

Dalam uraiannya Ust Syamsul Arifin Nababan mengatakan betapa islam sangat mengutamakan kebersihan, bahkan dikatakan kebersihan adalah sebagian dari iman. Selanjutnya beliau mengatakan kita harus sering mentafakuri alam ini, yaitu mensyukuri nikmat Allah dengan cara melihat dan memikirkan kesempurnaan dan keindahan alam sekitar kita. Beliau juga mengapresiasi positif acara bersih kota dan tafakur alam ini. Berbagai manfaat bisa kita petik melalui acara seperti ini diantaranya adalah memupuk rasa syukur kehadirat Allah atas kesempurnaan semua ciptaan Nya, mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan serta mempererat tali silaturahmi antar peserta.

Usai tausiyah peserta diajak berlomba dengan game-game yang menarik. Diantaranya memasukan paku ke dalam botol dan menyusun telur setinggi tingginya. Kemeriahan acara dan kegembiraan peserta mewarnai rangkaian acara dan permainan di Pos 1 dan Pos 2. Menjelang pukul 10 satu per satu kelompok tiba kembali di Masjid Darussa’adah Tembagapura. Panitya pun telah menyiapkan bubur kacang hijau untuk santap pagi. Acara masih berlangsung hingga siang menjelang dhuhur dan ditutup dengan makan siang bersama.  Acara Bersih Kota dan tafakur Alam ini bertepatan dengan Puncak Perayaan Milad ke-33 Departemen Peranan Wanita (DPW) HMM PTFI. Dalam acara tersebut juga berlangsung event Islamic Book Fair yang mengundang berbagai publisher nasional seperti Republika, Gema Insani Press, Pro U Media, Qultum Media, Syaamil dan Kawan Pustaka. Inilah warna-warni tahun baru islam di kota kecil Tembagapura. (Gun)

0 komentar:

Posting Komentar