Jumat, 17 Januari 2014

140214

Sahabat Az Zahra, tentu sahabat pernah atau sering mendengar kata Hijab. Hijab adalah kata dalam baha- sa Arab yang berarti penghalang. Tetapi kata ini lebih sering mengarah pada kata “jilbab“. Di dalam ilmu islam hijab tidak terbatas pada jilbab saja, juga pada penampilan dan perilaku si manusia setiap harinya.

Dasar hukum penggunaan jilbab adalah firman Allah SWT: “Hai Nabi! Katakanlah kepada istri- istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” (Q.S. Al-Ahzab: 59)  Hijab memiliki banyak keutamaan yakni sebagai simbol ketaatan kepada Allah SWT dan Rasul Nya, hijab itu iffah (menjaga diri), kesucian, pelindung, hijab itu manifestasi ketakwaan dan keimanan.

Hijab itu bentuk rasa malu dan ghirah (cemburu), dikatakan demikian, karena Hijab itu selaras dengan perasaan cemburu yang merupakan fitrah seorang laki-laki yang tidak senang dengan pandangan- pandangan berdasar nafsu yang tertuju kepada istri dan anak wanitanya. Berapa banyak peperangan terjadi pada masa jahiliyah dan masa Islam akibat cemburu atas seorang wanita dan untuk menjaga kehormatannya.

Nah ... ngomong-ngomong tentang Hijab ternyata ada event menarik yang akan diadakan pada tanggal 14 Februari 2014 nanti. Konsep acaranya sederhana dengan tetap terfokus pada sosialisasi Hari Menutup Aurat Internasional. Dalam event tersebut akan ada bagi- bagi jilbab segi empat secara gratis, akan diundang pula brand-brand baju muslim untuk event “Muslimah Fashion Fair”. Akan hadir pula Ustadzah Ummu Ghaida Muthmainah yang akan berbagi tentang ilmu fiqih wanita. Akan diadakan pula “Workshop Hijab Syar’I Trendy” yang rencananya kan menghadirkan bintang tamu dari kalangan artis ibukota yang telah berhijab sebagai role model.

Semoga event yang digagas oleh Bidang Dakwah dan Keumatan IRMAFI ini dapat berlangsung lancar. Amiin.

0 komentar:

Posting Komentar