Minggu, 26 April 2015

Sportifitas dan Koneksitas Sosial Dalam Goes Green ke-5 YMM PTFI

TEMBAGAPURA, 15 Maret 2015, Sebagai event regular untuk kesekian kalinya Yayasan Masyarakat Muslim PT Freeport Indonesia (YMM PTFI) menyelenggarakan acara Goes Green. Berbeda dengan Goes Green tahun sebelumnya yang mengusung tema Clean City, Goes Green ke-5 kali ini lebih ke arah memupuk sportifitas dan konektifitas sosial. Dengan tema “Jalan Sehat, Sehat Jalan”, panitia ingin mengajak segenap peserta untuk sportif berkompetisi dalam kegiatan lomba gerak jalan. Dengan kegiatan ini pula panitia bertujuan ingin mempererat hubungan silaturahim atau konektifitas sosial antar jamaah muslim dengan beragam komunitas di job site.

 Acara yang diselenggarakan pada Hari Minggu, 15 Maret 2015 dimulai dengan pembagian 400 kaos gratis bagi peserta acara Goes Green. Acara dilanjutkan dengan senam aerobik bersama yang bertujuan sebagai pelemasan otot sebelum lomba gerak jalan dimulai. Kota kecil Tembagapura pun diriuhkan dengan gelegar beberapa ribu mega watt suara musik aerobik yang menggema. Dengan panduan instruktur profesional para peserta antusias mengikuti tiap gerakan yang dicontohkan. Selanjutnya para peserta menyantap hidangan bubur yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Acara dilanjutkan dengan sambutan perwakilan YMM PTFI yang disampaikan oleh Bp H. Edi Putro. Selanjutnya lomba gerak jalan pun dimulai. Lomba gerak jalan diikuti oleh 24 regu yang berasal dari perwakilan departemen, paguyuban ataupun organisasi komunitas. Pelepasan regu pertama lomba dilakukan oleh Bp H. Hardi dari perwakilan Management, kemudian pelepasan berturut turut dilakukan oleh Bp H. Teguh Imam Sujudi dari YMM PTFI, Bp H Muhammad Sony Ichsan dari YMM PTFI dan Bp H Muhammad Ichsan dari perwakilan QOL PTFI.

Lomba berlangsung meriah dilihat dari beragam kostum unik yang dikenakan dan berbagai yel-yel yang diserukan oleh tiap regu peserta lomba. Setiap regu diharuskan menempuh rute yang telah ditentukan. Rute gerak jalan dimulai dari lapangan sport hall Tembagapura menuju ke Amole, kemudian ke arah West dilanjutkan ke Palapa melewati Lupa Lelah Club dan kembali lagi ke lapangan sport hall Tembagapura. Setiap regu peserta lomba diharuskan melewati 4 Pos. Pos pertama pada saat pelepasan, di pos pertama ini team peserta dinilai kesiapannya. Pos ke dua di Amole, di pos ke dua ini masing-masing regu diharuskan menjawab 25 pertanyaan singkat seputar Goes Green dan pengetahuan umum dengan waktu hanya 2 menit. Pos ke tiga yakni pos tebak gambar berada di halaman Lupa Lelah Club, di pos ini salah satu anggota regu menggambar sebuah benda dan anggota lain diharuskan menebak benda tersebut. Pos ke empat atau pos terakhir berada di halaman sport hall Tembagapura menjelang garis finish. Di pos terakhir ini tiap regu peserta lomba dinilai kelengkapanya.

Selain kegiatan lomba gerak jalan, Goes Green kali ini dimeriahkan pula dengan kegiatan bazaar dan panggung hiburan. Tampil sebagai pembawa acara Bp Setio Rudito dan Ibu Benise dari Ikatan Remaja Masjid PT Freeport Indonesia (IRMAFI). Berbagai sajian lezat dan beragam pernak-pernik menarik ditawarkan dalam kegiatan bazaar kali ini. Acara panggung hiburan dibuka dengan sambutan dari ketua panitia Bp Suyono dilanjutkan dengan sambutan dari YMM PTFI yang disampaikan oleh Bp H. Edi Putro. Selanjutnya pengunjungpun di hibur dengan berbagai penampilan dan aksi lucu dari anak-anak Himpunan Anak Islam Tembagapura (Haisra). Dalam kesempatan ini pula diadakan peluncuran Buku “Bravo Filla”. Sebuah buku hasil karya anak-anak Tembagapura yang mengikuti kelas menulis yang diadakan oleh Depertemen Peranan Wanita (DPW) YMM Tembagapura bekerja sama dengan Akbar Literasi Jakarta pada Bulan November 2012 lalu. Buku ini disunting oleh Bunda Pipiet Senja seorang penulis senior yang telah menulis ratusan buku yang beberapa diantaranya menjadi best seller. Sebagai bintang tamu tampil group nasyid “Awan” yang namanya meroket semenjak menjadi finalis ajang pencarian bakat X-Factor Indonesia tahun 2013. Penampilan group Beat-Box yang terdiri dari 6 personil yakni Didik, Harri, Ivan, Kayis, Rizki dan Uki berhasil menuai pujian dari pengunjung. Pesan-pesan positif pun disampaikan dalam lagu-lagu yang dibawakan secara acapella diselingi dengan lirik-lirik menghibur dan aksi panggung yang mengundang tawa.

Sebagai penutup dibacakan pengumuman pemenang lomba gerak jalan. Tampil sebagai juara pertama adalah team DPW Hidden Valey, sebagai juara ke dua team International SOS dan sebagai juara ke tiga diraih oleh team Persatuan Wanita Tembagapura (PWT). Tampil sebagai team terbaik adalah team Sholawatan dan team terunik diraih oleh team DPW Tembagapura.
Secara keseluruhan rangkaian acara Goes Green ke-5 yang dipersembahkan oleh YMM PTFI dan didukung oleh IRMAFI, Quality Of Life, PT Pangansari Utama dan Emergency Preparadness and Response (EP&R) berlangsung meriah. Semoga kita dapat dipertemukan dan dipersatukan kembali dalam acara Goes Green selanjutnya. Amiin. (G.Setyadi)

0 komentar:

Posting Komentar